BlackBerry akhirnya meluncurkan Passport di tiga kota, Toronto (Kanada), Dubai (India) dan London (Inggris), Rabu (24/9). Passport yang mengusung desain unik dengan layar 4,5 inci ke samping dan juga dilengkapi fitur BlackBerry Blend.
“Ketika kami merancang Passport, kami dipandu ide sederhana namun menantang untuk menyisihkan keterbatasan desain tradisional,” terang CEO BlackBerry, John Chen. “Kami membangun sebuah perangkat fundamental yang mengubah cara profesional bisnis menyelesaikan pekerjaan mereka dari smartphone.”
BB Passport diluncurkan di lima negara dengan harga yang bervariasi. Di Inggris, smartphone ini dibanderol seharga Rp 10 jutaan. Sedangkan di Amerika, Passport dijual seharga USD 599 (sekitar Rp 7,1 juta) sedangkan di Perancis dan Jerman seharga Rp 9,8 jutaan.
Layar touchscreen Passport mengusung 1440×1440 piksel yang dilengkapi keyboard fisik. Perangkat ini diperkuat baterai 3450 mAh yang diklaim BlackBerry sanggup bertahan hingga 30 jam. Smartphone ini juga mengusung prosesor quad-core 2,2 GHZ dengan OS BlackBerry 10.3 yang sangat lancar untuk menggunakan emoticon lucu bbm atau juga aplikasi emoticon unik bbm.
Dari segi penyimpanan, perangkat ini mengusung RAM 3GB dan memori 32GB. Perangkat ini dilapisi casing stainless steel dengan body yang lebih gendut yakni 9,3 mm dengan kamera belakang 13MP. Dengan bekal kamera yang tinggi tentunya blackberry passport sangat menguntungkan menggunakan aplikasi edit foto blackberry atau mungkin juga aplikasi line blackberry.
Selain itu, fitur Blend di dalamnya juga memungkinkan pengguna mensinkronkan blackberry Passport dengan platform lain termasuk PC, perangkat Android dan iOS serta Amazon Appstore. Artinya, aplikasi Android dapat berjalan di perangkat ini asalkan mereka tersedia dari toko Amazon.
Perangkat ini akan tersedia di lebih dari 30 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, Timur Tengah, Prancis, India, Singapura, Austria, Jerman, Nigeria, Arab Saudi, Hong Kong, Malaysia, Belanda, Afrika Selatan, Australia, Vietnam , Belgia, Italia, Swiss, Meksiko, Venezuela, Filipina, Rusia, Slovakia, Spanyol, Rumania, dan Kolombia. Handset ini akan hadir di negara-negara tersebut sebelum akhir tahun ini. Sambil menunggu rilis, jangan lupa untuk menyimak informasi mengenai istilah / singkatan di bbm atau mungkin ingin men- download line for blackberry.