Senin, 18 April 2016

Its Not Good, Whatsapp Berencana Tinggalkan Blackberry

Di akhir Februari lalu, WhatsApp secara resmi mengumumkan bakal meninggalkan lini smartphone BlackBerry (terutama yang berjalan dengan OS BlackBerry) di akhir tahun 2016. Bagaimana respon BlackBerry akan pengumuman mengejutkan ini?
Seperti yang dilansir Phone Arena, BlackBerry masih belum menyerah dan berusaha mencari alternatif terbaik. Selain itu, BlackBerry juga berusaha mencari aplikasi chatting lain yang bakal diplot sebagai pengganti WhatsApp.
"Kami sedang aktif mencari alternatif untuk pengguna BlackBerry saat dukungan WhatsApp Messenger untuk BB OS dan BlackBerry 10 hilang di akhir 2016," ungkap juru bicara BlackBerry.
Hilangnya WhatsApp membuat BlackBerry menyarankan penggunanya untuk beralih ke BBM sebagai aplikasi chatting utama. Jangan lupa untuk mendownload  aplikasi bbm ataupun bbm terbaru dan juga download bbm terbaru,
Di sisi lain, hilangnya dukungan WhatsApp tidak berpengaruh pada BlackBerry Priv mengingat smartphone ini sudah menggunakan OS Android.
Aplikasi pesan WhatsApp berencana untuk hengkang dari sejumlah perangkat termasuk BlackBerry dan fokus pada perangkat yang dipakai mayoritas pengguna.
Pada akhir 2016 nanti WhatsApp tidak akan berfungsi lagi di ponsel Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1, Android 2.2, Windows Phone 7.1, dan perangkat Blackberry termasuk BlackBerry 10.
WhatsApp yang baru saja berulangtahun ke-7 mengatakan perkembangan yang terjadi sekarang jauh berbeda dibandingkan era ketika aplikasi ini mulai diperkenalkan.
Ketika perusahaan baru berdiri, Apple App Store juga baru berumur beberapa bulan dan sekitar 70% smartphones yang dijual ketika itu menggunakan sistem operasi BlackBerry dan Nokia.
Sementara itu sistem operasi mobile Google, Apple dan Microsoft saat itu baru mencakup kurang dari 25% perangkat yang dijual, namun hari ini 99,5% ponsel cerdas memakai sistem operasi tiga perusahaan tersebut.
"Menatap tujuh tahun ke depan, kami ingin fokus pada upaya kami untuk platform mobile yang digunakan mayoritas utama masyarakat sekarang," bunyi pernyataan di blog WhatsApp.
"Jadi pada akhir 2016, kami akan menghentikan dukungan WhatsApp Messenger untuk sejumlah platform mobile. Namun jangan lupa untuk mengunduh  bbm untuk android, atau aplikasi bbm android dan juga bbm android terbaru
Meskipun perangkat-perangkat mobile tersebut telah menjadi bagian penting dalam sejarah kami, namun mereka tidak menawarkan kemampuan yang kami butuhkan dalam mengembangkan fitur-fitur aplikasi kami di masa depan."
WhatsApp mengaku berat untuk meninggalkan Nokia dan BlackBerry.
"Ini merupakan keputusan sulit bagi kami, tapi juga keputusan yang benar guna menyediakan sarana lebih baik bagi masyarakat untuk tetap dekat dengan teman-teman, keluarga dan orang-orang yang disayangi menggunakan WhatsApp."
"Jika Anda menggunakan salah satu perangkat yang terdampak itu, kami rekomendasikan untuk melakukan upgrade ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru sebelum akhir tahun 2016 agar bisa terus menggunakan WhatsApp."
Belum lama ini WhatsApp mengklaim memiliki 1 miliar pengguna aktif, sehingga membuatnya menjadi aplikasi messaging paling populer di dunia.
Dengan pengguna sebanyak itu, WhatsApp harus menangani 42 miliar pesan dan 250 juta video setiap hari.
Saat diambil alih oleh Facebook pada 2014, pengguna WhatsApp masih sekitar 450 juta.
Facebook sendiri membeli dengan harga fantastis US$ 19 miliar dengan tekad menjadikan WhatsApp sebagai media messaging terbesar di dunia – ambisi yang tampaknya sudah menjadi nyata saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar