Senin, 25 Agustus 2014

Harga Harga Bangunan Tidak Naik Ramadhan Lalu

Hasil pemantauan yang dilakukan dibeberapa toko bangunan di Bandar Lampung tidak terjadi kenaikan harga bangunan menjelang Ramadan. Ahmad pemilik toko Srimulya yang berada di jalan Arif Rahman Hakim mengatakan terjadi kenaikan pada harga semen Holcim sejak sebulan yang lalu yang awalnya dijual Rp57-58 ribu sekarang Rp59 ribu. Namun untuk bahan bangunan yang lain tidak mengalami kenaikan.
Sedangkan Joni pemilik Toko Gunung Mas yang berada di Jalan Kimaja juga mengatakan tidak terjadinya kenaikan pada harga bahan bangunan, seperti semen padang yang masih dijual seharga Rp56 ribu.
“Saat ini pembeli sangat sepi sekali harapannya lebaran akan berpengaruh terhadap minat beli konsumen,” ujar Joni.(). Namun kondisi ini berbeda dengan yang ada di Bangka Belitung. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung menyatakan cuaca buruk yang terjadi di perairan memicu kenaikan harga bahan bangunan di daerah tersebut.
Semenjak kapal barang tidak berlayar karena gelombang tinggi, rata-rata harga bahan bangunan seperti semen, besi, seng, kayu papan, batu bata dan lainnya naik Rp2.000 hingga Rp3.000 per jenis bahan bangunan. Demikian halnya dengan kenaikan yang terjadi pada harga semen , kemudian harga kaca, serta juga harga kayu , serta tak ketinggalanharga borongan bangunan.
Harga semen merek tiga roda naik menjadi Rp65 ribu dari harga Rp63 ribu per zak, holcim bertahan naik Rp62 ribu dari Rp60 ribu per zak, bosowa bertahan Rp60 ribu dari Rp57 ribu per zak. Demikian juga harga seng gelombang tebal dua centi meter naik Rp20 ribu dari Rp18 ribu per lembar, seng gelombang tebal tiga centi meter naik Rp40 ribu dari Rp36 ribu per lembar.
Besi ukuran 6 milimeter (mm) naik Rp35 ribu dari harga sebelumnya Rp30 ribu per batang, besi 8 mm naik Rp55 ribu dari Rp50 ribu per batang, besi 10 mm naik Rp65 ribu dari Rp60 ribu per batang. perbatang.
Sementara itu, harga kayu papan jenis kayu meranti ukuran 4×6 meter bertahan Rp30 ribu, papan ukuran 5×7 meter bertahan Rp50 ribu per batang, balok kayu ukuran 8×12 bertahan Rp150 ribu per batang, balok kayu ukuran 6×12 bertahan Rp125 ribu per batang.
Harga batu bata merah bertahan Rp1.400 per buah, batako bertahan Rp1.700 per buah.
Diperkirakan harga akan terus mengalami kenaikkan apabila kondisi cuaca di perairan masih memburuk
Harga bahan bangunan yang tinggi ini berdampak terhadap permintaan bahan bangunan yang berkurang drastis seiring masih melemahnya daya beli warga di daerah itu.
Saat ini, permintaan bahan bangunan didominasi kontraktor bangunan, sementara permintaan warga untuk membangun rumah dan lainnya kurang seiring hasil perkebunan seperti lada putih, karet, sawit dan bijih timah berkurang.
Dilihat secara umum perkembangan harga barang termasuk bahan bangunan di Pangkalpinang cenderung lebih tinggi karena hampir 80 persen barang yang beredar di pasaran merupakan kiriman dari Jawa dan Sumatera, jarak pengiriman barang yang terlalu jauh ke Bangka tentunya memerlukan biaya tinggi sehingga secara otomatis perkembangan harga di pasaran cenderung lebih tinggi,” ujarnya.
Untuk mengantisipasi kenaikan yang lebih tinggi, Pemerintah terus memantau harga barang secara rutin untuk mengantisipasi adanya permainan harga barang yang cenderung memberatkan konsumen.
Tingginya biaya logistik akibat bencana banjir pasti mengakibatkan inflasi tinggi. Melambungnya biaya logistik mengakibatkan rakyat menderita karena sulitnya melakukan kegiatan mobilisasi guna menopang perekonomian masyarakat, karena itu jika kondisi cuaca di perairan membaik dan pasokan bahan bangunan ini kembali lancar dan harga kembali stabil. Berikut informasi beberpa harga material bangunan terbaru 2014 :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar